Instagram dan WhatsApp Down Sempat Putuskan Akses Komunikasi Karyawan Facebook

PT BESTPROFIT, Layanan Instagram, WhatsApp, dan Facebook down ternyata membuat putusnya akses komunikasi di internal Facebook.

Mengutip The Verge, Selasa (5/10/2021), sistem internal Facebook terdampak gangguan dan menyulitkan komunikasi dan pekerjaan karyawan Facebook.

Sejumlah karyawan mengatakan, mereka terpaksa harus berkomunikasi menggunakan akun email Outlook yang disediakan kantor, meski karyawan tidak bisa menerima email dari alamat eksternal ketika Facebook down. 

“Karyawan yang masuk ke work tools seperti Google Documents dan Zoom sebelum layanan down masih bisa menggunakannya, namun setiap karyawan perlu masuk dengan email kerja mereka tidak bisa masuk,” tulis The Verge dalam laporannya.

Sebelumnya, Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram yang sempat down kini telah kembali online.

Butuh berjam-jam bagi Facebook untuk memulihkan layanannya yang tumbang berjamaah. Menurut The Verge, Selasa (5/10/2021), Facebook butuh waktu setidaknya 6 jam untuk memperbaiki layanannya Facebook, Instagram, dan WhatsApp down.

Diungkapkan pula, ini merupakan gangguan terparah yang dialami Facebook, Instagram, dan WhatsApp sejak 2019. Saat itu layanan Facebook down lebih dari 24 jam dan membuat banyak bisnis kecil dan menengah serta kreator yang bergantung pada layanannya terdampak.

Setelah gagal semua tes, tes server ISP DNS melalui DNSchecker.org memperlihatkan sebagian pihak Facebook berhasil menemukan rute ke Facebook.com pada pukul 17.30 sore waktu AS. Beberapa menit kemudian, layanan Facebook dan Instagram kembali normal.

Sementara perbaikan butuh waktu agak lama agar bisa menjangkau semua orang. Akibatnya, baru sekitar pukul 05.30 WIB waktu Indonesia, Facebook dan Instagram kembali online.

Sementara itu, Facebook melalui akun Twitter @Facebook mengungkapkan permohonan maaf atas tumbangnya layanan selama berjam-jam.

“Kepada komunitas orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada layanan kami, kami meminta maaf,” kata pihak Facebook lewat cuitan. PT BESTPROFIT FUTURES

Layanan Tumbang di Seluruh Dunia

PT BESTPROFIT, Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara seretak di berbagai negara di dunia.

Berdasarkan pantauan tim, Senin (4/10/2021), pukul 23.06 WIB, ada ribuan laporan yang masuk dari dari pengguna.

Tak hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, laporan yang masuk soal datang dari berbagai negara di dunia.

Saat berita ini di publish, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down sendiri ada sekitar 54 ribuan.

Untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1,691 dan 2,984 laporan yang masuk.

Saat kami coba, mengirim teks ataupun foto via WhatsApp tidak ada yang bisa terkirim. Sementara feed di Instagram pun tidak bisa di refresh dengan tulisan “couldn’t refresh feed.”

Hingga berita ini naik, masih belum diketahui secara pasti apa yang membuat platform media sosial milik Facebook ini down.

Keluhan Warganet

Pengguna internet ramai-ramai mengeluhkan layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down.

Keluhan warganet diutarakan melalui media sosial Twitter hingga menjadi trending topik di Indonesia dan dunia, Senin (4/10/2021) malam.

Keluhan WhatsApp down dicuitkan hingga lebih dari 800 ribu kali. Sementara warganet ramai mencuitkan tagar #Instagramdown hingga lebih dari 50 ribu kali.PT BESTPROFIT FUTURES

PT BESTPROFITBESTPROFIT FUTURESBESTPROFITBEST PROFIT

Author: bpf smg